Informasi Lowongan Kerja CPNS Lulusan SMA (5.940 Formasi) Pendaftaran Deadline 27 Mei 2016

Informasi berikut ini khusus bagi lulusan SMA yang ingin menjadi CPNS, tahun ini Lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat kini berpeluang menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Pemerintah membuka kesempatan seleksi di Lembaga Pendidikan Ikatan Dinas (LPID) yang dimiliki 7 Kementerian/Lembaga (K/L).

Tak tanggung-tanggung, pemerintah akan menerima sebanyak 5.940 kursi calon mahasiswa.

Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Dwi Wahyu Atmaji mengatakan pendaftaran kali ini dilakukan secara online.

Dia memastikan tidak ada satu orang atau pihak manapun yang bisa membantu kelulusan calon peserta seleksi.

"Peserta hanya boleh mendaftar di salah satu dari 7 kementerian/lembaga pendidikan dinas. Apabila mendaftar di dua atau lebih, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur," kata Atmadji.
Proses pendaftaran secara online akan mulai dilakukan pada hari ini, (Selasa, 15 Maret) sampai dengan 27 Mei 2016.

Menurut Atmadji, pengangkatan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) baru dilakukan setelah peserta dinyatakan lulus serta memperoleh ijazah dari Lembaga Pendidikan yang bersangkutan. Penempatannya pada jabatan tertentu dilakukan berdasarkan usulan dari K/L yang bersangkutan dan Pemerintah Daerah berdasarkan formasi yang ditetapkan oleh Menteri PANRB.

Jadi, meskipun sudah diterima di lembaga pendidikan ikatan dinas tersebut, tidak otomatis diangkat menjadi CPNS,  tegas Atmaji.

Berikut adalah tujuh LPID yang menerima lulusan SMA atau sederajat:
  1. Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN, yang membuka kesempatan untuk 3.650 siswa,
  2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dengan 900 kursi,
  3. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), 500 kursi,
  4. Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), 300 calon siswa/taruna,
  5. Akademi Imigrasi (AIM) dan Poltekip, 260 calon taruna
  6. Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG), 250 orang, dan
  7. Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) menerima sebanyak 80 orang.

Sumber referensi : http://www.goriau.com/nasional/pemerintah-buka-peluang-jadi-cpns-bagi-5940-lulusan-sma-pendaftaran-15-maret-hingga-27-mei-2016.html

Cara Pendaftaran :
Cara Pendaftaran :


  1. Buka portal http://panseldikdin.menpan.go.id, baca dan pahami semua penjelasan di semua halaman yang ada.
  2. Buka Formulir Pendaftaran, isikan nomer NIK, nomer Kartu keluarga dan kode di layar (captcha) dengan benar.
  3. Akan terbuka halaman pendaftaran, masukan alamat e-mail yang aktif, kata kunci/password baru untuk pendaftaran ini dan kode di layar (captcha) dengan benar.
  4. Akan terbuka halaman pemberitahuan "Registrasi Berhasil" dan akan terunduh otomatis lembaran/"struk" bukti registrasi yang berisi instruksi langkah selanjutnya yang harus diikuti pelamar. Lembaran bukti ini harus disimpan bisa dalam bentuk cetak/print dan berkas/"file" nya.
Perhatian !!
Harap dibaca semua penjelasan di layar dengan cermat dan teliti.

Penting :
PENTING:
  1. SELEKSI:  Seleksi/tes dilakukan secara nasional menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test).
  2. ALAMAT E-MAIL:  Calon peserta seleksi hanya dapat mengikuti proses pendaftaran di Portal ini dan wajib mempunyai alamat surat elektronik (e-mail) yang masih berlaku.
  3. PENGISIAN DATA: Semua informasi/data pribadi yang diisikan dalam formulir pendaftaran harus berdasarkan dokumen asli secara benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Apabila tidak benar, yang bersangkutan dapat dinyatakan gugur dan tidak diproses lebih lanjut.   
  4. PENDAFTARAN HANYA DI SATU INSTANSI: Calon peserta seleksi hanya diberikan kesempatan untuk mendaftar di salah satu instansi sesuai dengan peminatannya.
  5. Bagi calon siswa yang sudah mendaftar salah satu Kementerian/Lembaga termasuk BIN sebelum pengumuman ini dimungkinkan untuk mendaftar lagi di Kementerian/Lembaga lain sesuai peminatannya.
  6. PERSYARATAN KHUSUS/TAMBAHAN: Masing-masing Kementerian/Lembaga yang memiliki Lembaga/ Sekolah Ikatan Dinas mempunyai persyaratan khusus. Harap calon peserta seleksi membacanya secara cermat dan teliti.

Catatan:
  • Hati-hati terhadap segala tindak penipuan penerimaan CPNS, 
  • Penerimaan CPNS bebas dari KKN tanpa dipungut biaya sepersen pun
  • Sumber
Informasi Lowongan Kerja CPNS Lulusan SMA (5.940 Formasi) Pendaftaran Deadline 27 Mei 2016 Informasi Lowongan Kerja CPNS Lulusan SMA (5.940 Formasi) Pendaftaran Deadline 27 Mei 2016 Reviewed by Dinda Fajarwati on 22.36.00 Rating: 5

65 komentar:

jonius duha mengatakan...

siapa yang menanggung biaya selama proses perkuliahan?

baim rastra mengatakan...

klo misalny lulusan S1 bs ikut g??

baim rastra mengatakan...

klo misalny lulusan S1 bs ikut g??

baim rastra mengatakan...

klo misalny lulusan S1 bs ikut g??

baim rastra mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Sinta Ginting mengatakan...

Kalau tamatan D3 bisa gk ya..???

Ita Hondo mengatakan...

Klu lulusan smk blh gk?

Unknown mengatakan...

Smk bisa

y. suharti mengatakan...

takut hoak

haiday mengatakan...

pertanyaan aneh gagal paham karena judul artikelnya ya.. ini tuh info pembukaan pendaftaran Sekolah tinggi Ikatan dinas, bukan penerimaan CPNS. yang diterima ya yang lulusan SMA/SMK terbaik lah.. kalau S1 atau D3 sudah kadaluarsa

haiday mengatakan...

pertanyaan aneh gagal paham karena judul artikelnya ya.. ini tuh info pembukaan pendaftaran Sekolah tinggi Ikatan dinas, bukan penerimaan CPNS. yang diterima ya yang lulusan SMA/SMK terbaik lah.. kalau S1 atau D3 sudah kadaluarsa

pramudhyan mengatakan...

Duh, adik saya baru lulus TK.

muhammad rafly mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Eka Yunianingsih mengatakan...

klok lulus SMA na thun 2011 bleh gk ya

ari as ari mengatakan...

pada intinya cuman promosi buat masuk salah satu perguruan tinggi,,iming-iming jadi cpns

Ali Rohmat mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Ali Rohmat mengatakan...

Itu IPDN sma AIM full beasisawa nggk?

chairul umam mengatakan...

kalau lulusan smk yang sedang kuliah gimana ?

mechanical engineering mengatakan...

Waduhh adek saya masi kelas 4...

mechanical engineering mengatakan...

Waduhh adek saya masi kelas 4...

Khaerul 55 mengatakan...

Apa persyaratannya ??

Syaban Murni mengatakan...

cara daftarnya gimana

Dewa Ayu mengatakan...

iya nieh,,, semngat ngeklik malah aneh infonya hehhe,,,

tHor Ric As Syabab mengatakan...

Kirain masih sperma..

harun lamber mengatakan...

Bener ngak ? Kalau gitu gue masuk yaaa !!!

harun lamber mengatakan...

Bener ngak ? Kalau gitu gue masuk yaaa !!!

Moh.rifoldy.lapalanti ody mengatakan...

klu lulusan tahun 2008 msh blh?

Ita Ayu mengatakan...

Pemerintah mas.

Ita Ayu mengatakan...

Ada beberapa Lembaga Pendidikan Ikatan Dinas yang memperbolehkan pendaftar dari lulusan SMK.
Silahkan di cek di masing-masing website Lembaga Pendidikan Ikatan Dinas tersebut.

Ita Ayu mengatakan...

Tidak hoax, informasinya benar kok. :)

Ita Ayu mengatakan...

Asalkan umurnya masih mencukupi bisa :)

Ita Ayu mengatakan...

Tidak iming-imimg, memang setelah lulus diangkat jadi PNS :)

harun lamber mengatakan...

Bener ngak ? Kalau gitu gue masuk yaaa !!!

Pedro Casanova mengatakan...

Aduhh,, jwabannya anda tidak sopan .. Jawab dengan tutur bahasa yang benar dong,,,,

Unknown mengatakan...

Klo lulusan tahun 2009 boleh gak....?ini untuk daerah mana?

Anggi Setiawan mengatakan...

Itu nilai ijasah minimal 7 ? Klo dibawah 7 gmna

harun lamber mengatakan...

Bener ngak ? Kalau gitu gue masuk yaaa !!!

harun lamber mengatakan...

Bener ngak ? Kalau gitu gue masuk yaaa !!!

Arie rizky Pendidikan Geografi 2013 mengatakan...

kalo untuk lulusan 2016 ini bisa buat ade gue

Joni Saputra mengatakan...

Mohon maaf umur minimal dan maksimal berapa ya..???

Joni Saputra mengatakan...

Mohon maaf umur minimal dan maksimal berapa ya..???

pablo jimenez mengatakan...

lihat umur

Era Sriwahyuni mengatakan...

Selamat siang, mohon info nya untuk siswa yang masih sekolah kelas 3 SMA, apakah bisa ikut?

Unknown mengatakan...

setau saya yg udh dpt ijazah boleh daftar... ini memang cpns kan klo diterima udh pasti jd pns... dan sekolahnya pun digajih

Silvi Risaria mengatakan...

setau saya yg udh dpt ijazah boleh daftar... ini memang cpns kan klo diterima udh pasti jd pns... dan sekolahnya pun digajih

hendra endra mengatakan...

Kalo yg lulusan paket C apakah masih ada kesempatan

ADMIN SBMPTN mengatakan...

BOleh-boleh saja asal "Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam rapor atau ijazah tidak lebih dari 20 tahun"

ADMIN SBMPTN mengatakan...

BOleh-boleh saja asal "Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam rapor atau ijazah tidak lebih dari 20 tahun"

oi bujel mengatakan...

jangan terpengaruh untuk menghubungi calo yang penting mendaftar sendiri semoga sukses untuk anak muda soal nya saya sudah tuwa hadehhh

Selvianna Ginting mengatakan...

20 tahun keatas gk boleh lagi mendaftar. Padahal tdi udh semangat baca nya dan berharap bisa masuk.

Selvianna Ginting mengatakan...

20 tahun keatas gk boleh lagi mendaftar. Padahal tdi udh semangat baca nya dan berharap bisa masuk.

okty dame tamara mengatakan...

aduh..adek saya masih dalam kandungan,bisa gak ya ikut..

gusti pradana mengatakan...

pelaksanaan testnya dimana?

gusti pradana mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Tari Husni mengatakan...

Komentar nya lucu-lucu hahahaha

Meyyantisitumorang mengatakan...

Jadi yang di terima cuma batas usia 20 tahun saja yah...
Klo lebih dari 20thn tak boleh lagi lah..

Rizky Qurbaisy mengatakan...

kalau dari lulusan farmasi bisa masuk ?

Andri Pz mengatakan...

berarti klw 22 gk bsa dong bro ?

deny syaputra mengatakan...

lulusan smk 'tkj' bisa gak?

Benifati Zebua mengatakan...

Klo Lulusan SMK bisa gak?

Leli Nd mengatakan...

seleksinya kapan dan dimana?

Irawan Bayoe mengatakan...

Waduh umurku dah 25 brati ga bisa dong ya

Dewi Safitrianti mengatakan...

Ujian nya di adakan dimana?

Heni Agustia mengatakan...

Saya udah daftar,dinyatakan berhasil.gmn cara menyimpannya buat tanda buktinya.disaat mau log-in ulang,tertulis passwd Anda salah,pdhl sy udah ikutin langkah"nya.aduuh,gmn donk.tolong dibantu y

Heni Agustia mengatakan...

Saya udah daftar,dinyatakan berhasil.gmn cara menyimpannya buat tanda buktinya.disaat mau log-in ulang,tertulis passwd Anda salah,pdhl sy udah ikutin langkah"nya.aduuh,gmn donk.tolong dibantu y